BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 28 November 2011

Tugas-6

PSPB (Pertanyaannya Sedikit, Penjawabannya Berliku) !
  1. Jelaskan tentang definisi Software Komputer !
  2. Klasifikasikan dan jelaskan secara singkat namun jelas tentang Software Komputer yang disertai Nama Ekstensi Filenya ! Oleh karena itu agar tak bingun 7 keliling, segera Cari Panduan Gratis di Internet, LKS, Buku Komputer dan Sumber Lainnya yang penting halal tentang : Klasifikasi Software, Namanya, Fungsinya dan Nama Ekstensi Filenya. Misalnya Ms Word, maka Nama Kalsifikasinya sebagai Software Aplikasi, Nama Softwarenya "Microsoft Office Word", Fungsinya untuk membuat dokumen berbasis huruf-huruf/kata-kata. Setelah mengetik Dokumen di Ms Word, lalu menyimpannya (Save As) di Drive Yang Aman yakni minimal D: , dengan File Name : PSPB History 1 dan, maka Hasil Simpanan tersebut bilamana akan dibuka kembali di Windows Explorer akan muncul tanda PSPB History.doc. Berarti Ekstensi Filenya ".doc". Oleh sebab itu, agar menjadi jawaban yang mudah dipahami dan diterapkan, maka susunlah menjadi jawaban yang sistematis dengan Tata Urutan sebagai berikut : NomorNama Software
  3. Jelaskan definisi Ekstensi File ?
  4. Ekstensi File (File Extension) merupakan istilah berbasis Bahasa Inggris. Bilamana di-Indonesiakan , maka istilah yang lebih mudah dimengerti oleh Si User Komputer adalah ...... ?
  5. Sebutkan dan jelaskan manfaat mengidentifikasi (mengenali) Ekstensi File (Extension File) !
  6. Jelaskan apa yang terjadi kepada Si User Komputer, bilamana tidak ada Ekstensi Filenya !?
  7. Jelaskan apa yang terjadi bilamana Si User Komputer tidak mampu mengidentifikasi Ekstensi File dari Dokumen yang telah dibuatnya !?
  8. Sebutkan dan jelaskan hikmah apa yang Anda peroleh setelah mengerjakan Tugas tersebut di atas 
sumber  :  http://suhupspbwongtubanronggolawez21.blogspot.com/search/label/CIT%20TASK%20X-SMA-S-1      atau      Klik DiSini


jawaban :

1) sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.

2)  Software merupakan produk dari perusahaan pembuat software yang banyak bermunculan sehubungan dengan kebutuhan berbagai masalah pekerjaan yang membutuhkan waktu singkat oleh pemakai komputer saat ini.

Ada 4 kelompok besar software:

Operating System (Sistem Operasi)

Operating system merupakan program yang berfungsi untuk mengatur sistem kerja seluruh komputer seperti layaknya penerjemah antara hardware dan software yang akan dilakukannya.

Contoh :

- PC-DOS atau MS-DOS untuk Personal Computer (PC)

- Novell Netware dan UNIX untuk jaringan komputer

- Windows dan berbagai variannya untuk PC atau jaringan

- Linux dengan berbagai distronya untuk PC atau jaringan

Utility Software (Program Bantu)

Software ini merupakan software jadi yang digunakan untuk membantu mempermudah dalam menangani pekerjaan awal dalam pengoperasian komputer beserta perangkatnya. Misalnya untuk

- memeriksa (scanning),

- menganalisa (analyzing),

- memperbaiki (repairing),

- mencari (searching),

- menggandakan (copying) file

- dan sebagainya.

Contoh :

- Norton Utility (NU)

- PC Tools

- Xtree

- QuickDos

Package Software (Program Paket)

a. Word Processing (Pengolah Kata)

Pengolah kata biasanya dipakai untuk pembuatan naskah.

Contoh :

- Word Star

- Word Perfect

- Microsoft Word

- Chi Writer

- PFS Write

b. Spread Sheet (Pengolah Angka)

Software ini dipakai lebih banyak untuk pembuatan tabel-tabel dan angka.

Contoh :

- Lotus 123

- Super Calc

- Symphony

- Quattro

- Microsoft Excel

c. Database (Pengolah Data Awal)

Software ini pada dasarnya digunakan untuk mengatur informasi-informasi sehingga dapat memudahkan pencarian atau penyimpanan.

Contoh :

- dBase III

- dBXL

- Foxbase

- Paradox

- RBase

d. Publisher (Pengolah Tata Letak)

Software ini banyak dipakai oleh perusahaan cetak mencetak, surat kabar atau penerbitan yang banyak memerlukan pengaturan bentuk, jenis dan tata letak karakter tertentu.

Contoh :

- Ventura Desktop Publishing

- Microsoft Publisher

- PageMaker

- Flash

- Corel

e. Aided Design (Pengolah Rancang Bangun)

Software ini pada dasarnya dipakai untuk pembuatan rancang bangun (design) sebuah benda, ruangan, bangunan gedung, peta kota dan sebagainya.

Contoh :

- AutoCAD

- ProDesign

- DR Hallo

f. Statistic (Pengolah Statistik)

Software ini dipakai untuk memecahkan permasalahan statistik baik di bidang ekonomi, teknik, kesehatan, sosial dan budaya.

Contoh :

- SPSS

- MicroStat

- MiniTab

g. Language Program (Bahasa Pemrograman)

Software ini banyak dipakai oleh seorang programmer, program ini berfungsi untuk menciptakan software-software baru yang digunakan untuk membantu/mempermudah kerja seorang operator komputer.

Contoh :

- Turbo Assembler (bahasa pemrograman tingkat rendah)

- Basic, Pascal, Fortran, Cobol, Visual Basic (bahasa pemrograman tingkat menengah)

- Clipper, FoxPro, Delphi, C+ (bahasa pemrograman tingkat tinggi)

Pada perkembangan selanjutnya software ini juga dipakai untuk merusak data, informasi atau software-software (bahkan juga hardware) yang lain. Hasil dari pembuatan program yang berfungsi untuk merusak ini dikenal dengan Virus. Kata “virus” sebenarnya adalah kata yang sengaja diambil dari dunia kedokteran untuk dipakai di dunia komputer, karena mempunyai sifat yang sama yaitu “merusak” (membuat penyakit).

Virus komputer sebenarnya adalah program juga, ia sengaja dibuat oleh seseorang (programmer) yang tidak senang dengan kesempurnaan, dia lebih senang membuat kerusakan. Oleh karena itu tindakan membuat virus komputer bisa dikatakan “sebuah kejahatan“.

h. Anti Virus

Software ini khusus untuk mengantisipasi (membunuh) virus yang mungkin bisa masuk ke dalam komputer, baik itu komputer yang sendirian (stand alone) atau komputer dalam jaringan (network).

Contoh :

- SMADAV

- Norton Anti Virus

- McAfee Virus Scan

- Kaspersky Anti Virus

Applicated (Program Aplikasi)

Program ini merupakan program siap pakai, banyak dibuat untuk aplikasi-palikasi kerja tertentu seperti akuntansi, berbagai macam format, kartu-kartu, sampul buku, editing foto dan sebagainya.

Contoh :

- PrinShop

- PhotoShop

- DAC Easy

- Form Tools

- Free Hand

- Easy Flow

3) . ekstensi file adalah 3 karakter setelah tanda titik ( . ) di belakang nama file.

4)Lisa lebih mengnal dengan istilah format file. Missal file musik banyak dikenal memiliki format mp3.

5). guna mengetahui Ekstensi File ialah agar kita dapat mengetahui file tersebut dapat dibuka dengan program / sofware apa. Dan dapat mempermudah kita unutk mengelompokkan file-file tersebut.


6). file tersebut dinyatakan rusak. Karena tanpa ekstensi, computer tidak akan bisa menentukan file itu harus dibuka dengan program apa. Namun beda halnya jika ekstensinya dihidden padacontrol panel. File itu masih bisa dijalankan, karena ekstensinya hanya tidak ditampilkan, bukan tidak ada.

7). User akan kesulitan dalam membuka file tersebut menggunakan program / software yang terbaik. Dan bisa terjadi kesalahpahaman terutama jika nama filenya sama namun berbeda ekstensinya.

8)Lisa dapat mengetahui lebih banyak tentang ekstensi file bersama tekek bengeknya. Sehingga dapat memudahkan Lisa dalam berkomputer ria.

sumber  : Made in dewek dan mengacu pada novel73.wordpress.com



0 komentar: